Tumblr Mouse Cursors
BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Selasa, 09 Oktober 2012

Definisi Pariwisata

Menurut definisi yang luas pariwisata adalah perjalanan dari satu tempat ke tempat lain, bersifatsementara, dilakukan perorangan maupun kelompok, sebagai usaha mencari keseimbangan ataukeserasian dan kebahagiaan dengan lingkungan hidup dalam dimensi sosial, budaya, alam danilmu. Suatu perjalanan dianggap sebagai perjalanan wisata bila memenuhi tiga persyaratan yangdiperlukan, yaitu : (dikutip dari Ekonomi Pariwisata, hal 21)a. Harus bersifat sementarab. Harus bersifat sukarela (voluntary) dalam arti tidak terjadi karena dipaksa.c. Tidak bekerja yang sifatnya menghasilkan upah ataupun bayaran.Dalam kesimpulannya pariwisata adalah keseluruhan fenomena (gejala) dan hubungan-hubunganyang ditimbulkan oleh perjalanan dan persinggahan manusia di luar tempat tinggalnya. Denganmaksud bukan untuk tinggal menetap dan tidak berkaitan dengan pekerjaan-pekerjaan yangmenghasilkan upah. (Sejarah Pariwisata dan Perkembangannya di Indonesia, hal. 3)

Berikut ini definisi pariwisata menurut para ahli :
- Menurut A.J. Burkart dan S. Medik (1987), Pariwisata adalah perpindahan orang untuk sementara dan   dalam jangka waktu pendek ke tujuan- tujuan diluar tempat dimana mereka biasanya hlidup dan bekerja dan  kegiatan-kegiatan mereka selama tinggal di tempat-tempat tujuan itu.

-Menurut H.Kodhyat (1983:4), Pariwisata adalah perjalanan dari satu tempat ke tempat yang lain, bersifat sementara, dilakukan perorangan maupun kelompok, sebagai usaha mencari keseimbangan atau keserasian dan kebahagiaan dengan lingkungan hidup dalam dimensi sosial, budaya, alam dan ilmu.

- Menurut Prof. Salah Wahab dalam Oka A Yoeti (1994, 116.). Pariwisata dalah suatu aktivitas manusia yang dilakukan secara sadar yang mendapat pelayanan secara bergantian diantara orang-orang dalam suatu Negara itu sendiri/ diluar negeri, meliputi pendiaman orang-orang dari daerah lain untuk sementara waktu mencari kepuasan yang beraneka ragam dan berbeda dengan apa yang dialaminya, dimana ia memperoleh pekerjaan  tetap.

Jadi  menurut saya pariwisata adalah suatu kegiatan perjalanan seorang atau sekelompok orang di dalam negri atau luar negri, yang setidaknya dilakukan selama 24 jam dalam rangka mengisi waktu senggang/luang untuk bersenang bersenang dan menghilangkan kepenatan yang memberi dampak  baik terhadap setiap individu secara fisik atau psikis.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar